Menu Tutup

Mengenali sejarah berarti menggali pengalaman panjang yang pernah berlaku di masa lampau untuk memahami hakekat dari sebuah realitas. Sejarah memperlihatkan sunnatullah tentang kejayaan dan kehancuran suatu bangsa, sehingga kita bisa mengkaji berbagai masa silam untuk membangkitkan generasi sekarang dan mendatang.

Orang bijak pandai berkata “Inna man qara’a l-tarikh faqad asha d-dahra kullahu” ~Orang yang membaca sejarah seakan-akan ia hidup sepanjang zaman. Akses internet setidaknya telah mengabadikan cerita-cerita sejarah yang bisa dibaca sepanjang masa. Harapannya tentunya serbasejarah menjadi bacaan sepanjang zaman.

Pada perkembangan dunia digital disadari bukan hanya aspek sejarah yang tertuang dalam posting historyID tetapi juga tulisan-tulisan di luar kesejarahan. Meskipun demikian ruang utama dari historyID adalah SEJARAH. Dan Tulisan-tulisan lainnya adalah suatu kelengkapan dalam memahami SEJARAH..

Sebagai satu upaya untuk memudahkan sahabat historyID, historyID menyusun setiap postingan artikel dalam kolon artikel untuk memudahkan sahabat semua dalam mencari dan membaca artikel.

Selamat membaca……